Tautan-tautan Akses

10 Tentara Ukraina Tewas Diserang Kelompok Separatis Pro-Rusia


Ukraina

Ukraina

Pihak berwenang Ukraina hari Jum’at mengatakan sedikitnya 10 tentara tewas dalam serangan yang dilakukan kelompok separatis pro-Rusia di dekat lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17.

Beberapa pejabat pertahanan Ukraina menyatakan serangan terjadi ketika dilakukan penempatan pasukan di kota Shakhtarsk yang terletak 20 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat Boeing 777 itu.

Sebuah konvoi tim penyelidik internasional yang terdiri dari 15 kendaraan, Jum’at siang sedang menuju ke lokasi jatuhnya pesawat Malaysia itu, tetapi tidak melalui kota Shakhtarsk. Konvoi ini memilih jalur yang melewati kota Debaltseve yang dikuasai pemerintah Ukraina. Tiga kendaraan Komite Palang Merah Internasional ikut bergabung dengan konvoi itu ketika melewati kota tersebut.

Kedua pihak yang berkonflik di Ukraina Timur telah sepakat untuk mengadakan gencatan senjata di sekitar lokasi jatuhnya pesawat itu, tetapi banyak bukti yang menunjukkan bahwa pertempuran masih berlanjut. Tim penyelidik internasional memperkirakan sekitar 80 mayat masih berada diantara reruntuhan pesawat dan masih belum bisa dievakuasi karena pertempuran yang terus berkecamuk. Evakuasi seluruh mayat menjadi target utama tim tersebut saat ini supaya bisa diidentifikasi dan dikembalikan kepada keluarga mereka.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG