Tautan-tautan Akses

Tim Pemantau Masuki Lokasi Jatuhnya Pesawat MH17


Tim pakar internasional dalam perjalanan menuju lokasi MH17 di Donetsk, Ukrainea timur (30/7).

Tim pakar internasional dalam perjalanan menuju lokasi MH17 di Donetsk, Ukrainea timur (30/7).

Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) mengumumkan bahwa sebuah tim kecil telah memasuki lokasi jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina timur hari Kamis (31/7).

Sebuah tim pakar internasional akhirnya berhasil memasuki lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 17 di Ukraina timur, setelah berhari-hari berusaha namun gagal karena kekerasan di kawasan yang dikontrol separatis itu.

Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) mengumumkan perkembangan baru itu hari Kamis (31/7), dengan mengatakan bahwa sebuah tim kecil pengamat, dengan ditemani para pakar dari Belanda dan Australia, telah mencapai lokasi itu dengan menempuh rute baru.

Dengan berhasil memasuki lokasi kecelakaan, tim itu bisa mulai mengumpulkan bukti-bukti penting di lokasi itu dan mendapatkan akses ke potongan-potongan jasad manusia yang belum dipindahkan ke Belanda untuk diidentifikasi.

Seorang jurubicara OSCE mengatakan kepada CNN, tim itu berhasil menjangkau lokasi berkat banyak perundingan dalam waktu relatif singkat. Dalam satu pernyataan di Twitter, OSCE mengatakan tim itu diperkirakan akan melakukan survei awal dan akan mulai mengumpulkan bukti dan sisa potongan jenazah dalam kunjungan berikutnya.

Sebelumnya hari Kamis, Ukraina mengumumkan penghentian satu hari usaha memerangi para pemberontak di kawasan itu untuk memungkinkan para penyelidik internasional memasuki kawasan itu.

Kyiv mengatakan, langkah hari Kamis itu merupakan tanggapan terhadap permohonan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk menghentikan pertempuran dan membiarkan tim itu memasuki lokasi kecelakaan.

XS
SM
MD
LG