Tautan-tautan Akses

AS

Teman Tersangka Pembom Boston Dinyatakan Bersalah


Azamat Tazhayakov, teman tersangka pelaku bom Boston Dzhokhar Tsarnaev, dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Boston (foto: dok).

Azamat Tazhayakov, teman tersangka pelaku bom Boston Dzhokhar Tsarnaev, dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Boston (foto: dok).

Azamat Tazhayakov, teman tersangka pelaku pemboman maraton Boston dinyatakan bersalah berkonspirasi dan mengganggu upaya mencari keadilan di Boston.

Sebuah pengadilan telah menyatakan bersalah Azamat Tazhayakov – teman tersangka pembom Boston Marathon Dzokhar Tsarnaev – atas dakwaan menghambat penyelidikan ledakan mematikan itu.

Azamat Tazhayakov dinyatakan bersalah berkonspirasi dan mengganggu upaya mencari keadilan di Boston.

Tim jaksa mengatakan tiga hari setelah pemboman tanggal 15 April 2013, Azamat Tazhayakov yang berusia 20 tahun dan seorang teman lainnya memindahkan tas punggung Dzokhar Tsarnaev dari kamar asramanya di Universitas Massachusetts-Dartmouth. Tas punggung berisi kembang api yang diubah menjadi bom itu dibuang teman-teman Tsarnaev.

Azamat Tazhayakov menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara karena mengganggu upaya mencari keadilan dan maksimum lima tahun penjara atas tuduhan konspirasi. Vonis terhadapnya dijadwalkan tanggal 16 Oktober mendatang.

Dua ledakan bom di dekat garis finish kompetisi lari tahunan “Boston Marathon” menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 260 lainnya.

Polisi mengatakan dua bersaudara dari etnis Chechen yang telah tinggal di Amerika selama 10 tahun – Tamerlan dan Dzokhar Tsarnaev – membawa beberapa bom dalam tas punggung mereka ke jalan di dekat garis finish sebelum meledakkannya.

Beberapa hari kemudian Tamerlan tewas dalam baku tembak dengan polisi dan Dzokhar ditemukan bersembunyi dalam perahu yang diparkir di halaman belakang sebuah rumah di pinggiran Boston. Pihak berwenang mengatakan di dalam perahu itu Dzokhar meninggalkan tulisan tangan berisi pengakuan yang mengatakan pemboman itu merupakan pembalasan atas pembunuhan warga Muslim oleh pemerintah Amerika dalam beberapa perang yang dipimpin Amerika di luar negeri.

Dzhokhar Tsarnaev yang kini berusia 20 tahun berada di tahanan Amerika menunggu pengadilan dengan tuduhan ganda, termasuk penggunaan senjata pemusnah massal.

XS
SM
MD
LG