Tautan-tautan Akses

AS

Tammy Baldwin Jadi Senator Gay Pertama


Kandidat Partai Demokrat Tammy Baldwin (tengah), bertemu pendukungnya di Glendale, Wisconsin. (Reuters/Darren Hauck)

Kandidat Partai Demokrat Tammy Baldwin (tengah), bertemu pendukungnya di Glendale, Wisconsin. (Reuters/Darren Hauck)

Tammy Baldwin dari Wisconsin menjadi senator pertama yang terbuka dengan statusnya sebagai seorang homoseksual.

Wakil Partai Demokrat di Wisconsin, Tammy Baldwin, membuat sejarah pada Selasa (6/11) dengan menjadi senator AS yang terbuka dengan statusnya sebagai seorang homoseksual. Baldwin mengalahkan mantan gubernur Tommy Thompson dalam kompetisi Senat yang kemungkinan paling mahal dalam sejarah negara bagian.

Kedua kandidat mengumpulkan dana paling tidak US$65 juta.

Baldwin akan mengambil kursi Herb Kohl dari Partai Demokrat yang pensiun setelah menyelesaikan periode keempatnya di Senat. Baldwin, 50, pertama kali terpilih menjadi anggota Kongres pada 1998, dan merupakan senator perempuan pertama dari Wisconsin dengan kemenangannya kali ini.

Meski membuat sejarah, orientasi seksual Baldwin tidak pernah menjadi topik besar selama kampanye.

“Kemenangan Baldwin memastikan bahwa komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) akan mendapat suara di Senat,” ujar Jason Burns, direktur eksekutif Equality Wisconsin, sebuah organisasi hak-hak kaum gay.

Baldwin, yang mewakili daerah Dane County yang merupakan kantung Demokrat di Wisconsin, akan digantikan tempatnya di Dewan Perwakilan Rakyat oleh Mark Pocan, yang juga seorang politisi yang terbuka dengan statusnya sebagai gay.

Baldwin, salah satu politisi liberal terkemuka di Kongres, menjanjikan dukungan investasi untuk infrastruktur, pendidikan dan riset untuk membuka lapangan kerja. (Reuters)
XS
SM
MD
LG