Tautan-tautan Akses

AS

Inisiatif Pernikahan Gay, Mariyuana Dapat Dukungan pada Pemilu


Para pemilih di Hialeah, Florida, membaca contoh kertas suara saat mengantre di TPS. (Foto: AP)

Para pemilih di Hialeah, Florida, membaca contoh kertas suara saat mengantre di TPS. (Foto: AP)

Selain memilih presiden dan wakil presiden, para pemilih di AS juga memberikan suara untuk berbagai inisiatif, termasuk pernikahan sesama jenis.

Pendukung pernikahan sesama jenis dan legalisasi penggunaan mariyuana mendapat dukungan pada pemilihan umum di Amerika Serikat Selasa (6/11).

Negara bagian Maine di wilayah timur laut dan negara bagian Maryland di bagian tengah menjadi dua negara bagian pertama yang menyetujui pernikahan sesama jenis lewat pemungutan suara populer. Enam negara bagian dan Washington, D.C. telah melegalkan pernikahan pasangan gay, namun legalisasi didapatkan lewat anggota dewan atau pengadilan.

Legalisasi ini juga merupakan pemungutan suara populer pertama atas isu pernikahan gay sejak Presiden AS Barack Obama mengumumkan dukungannya awal tahun ini.

Negara bagian Washington juga melakukan pemungutan suara untuk inisiatif pernikahan sesama jenis, sementara Minnesota mengadakan pemungutan suara untuk amandemen undang-undang yang nantinya akan melarang pernikahan gay.

Negara bagian Washington dan Colorado menyetujui legalisasi produksi, penjualan dan kepemilikan mariyuana untuk penggunaan rekreasional. Namun keputusan itu bertentangan dengan pemerintah federal yang masih melarang narkotika tersebut.

Maryland menyetujui inisiatif terobosan mengenai imigrasi yang disebut DREAM Act, yang mengijinkan imigran yang tidak memiliki dokumen resmi untuk membayar biaya universitas dengan jumlah yang sama untuk mahasiswa dari negara bagian tersebut.

Secara total, pemilih di Amerika mempertimbangkan lebih dari 170 inisiatif pada pemilihan umum di 50 negara bagian. Inisiatif tersebut mendapat tempat di kertas suara karena memiliki jumlah pendukung yang cukup dalam petisi warga.
XS
SM
MD
LG