Tautan-tautan Akses

Tahanan Lapas New York Gugat Negara agar Dapat Melihat Gerhana Matahari 


Stasiun Antariksa Internasional muncul dalam siluet saat gerhana matahari berlangsung pada 21 Agustus 2017. (Foto: Bill Ingalls/NASA via AP)
Stasiun Antariksa Internasional muncul dalam siluet saat gerhana matahari berlangsung pada 21 Agustus 2017. (Foto: Bill Ingalls/NASA via AP)

Para tahanan di penjara negara bagian New York, Amerika Serikat, menggugat departemen pemasyarakatan negara bagian tersebut terkait keputusan untuk menutup penjara selama gerhana matahari total berlangsung pada hari Senin (8/4) mendatang.

Gugatan tersebut diajukan pada hari Jum’at (29/3) di pengadilan federal New York dengan alasan penutupan penjara pada hari itu melanggar hak konstitusi para narapidana untuk menjalankan ibadah mereka terkait fenomena gerhana matahari ini.

Para penggugat terdiri atas enam orang dengan latar belakang agama yang berbeda dari Lembaga Pemasyarakatan Woodbourne. Mereka mencakup penganut baptis, muslim, adven hari ketujuh, dua praktisi Santeria (sejenis agama diaspora Afrika) dan seorang ateis.

Gugatan tersebut menyatakan, “Gerhana matahari adalah fenomena alam yang langka dan memiliki makna religius yang besar bagi banyak orang.”

Gerhana matahari terakhir terlihat di Amerika Serikat pada tahun 2017 dan tidak akan terlihat lagi sampai tahun 2044 sehingga gugatan itu juga menyebutkan bahwa fenomena ini memerlukan “pertemuan, perayaan, penyembahan, dan doa.”

Gugatan itu juga menyatakan bahwa salah satu penggugat, yang merupakan seorang ateis, telah menerima izin khusus pada bulan lalu untuk melihat gerhana dengan kacamata yang akan disediakan oleh negara. Tetapi hal itu terjadi sebelum aturan penguncian secara sistematis tersebut dikeluarkan.

Empat penggugat lainnya kemudian meminta izin namun ditolak oleh petugas berwenang karena menilai bahwa gerhana matahari tidak terdaftar sebagai hari suci bagi agama mereka.

Juru Bicara Departemen Pemasyarakatan New York, Thomas Mailey, mengatakan bahwa lembaga itu tidak memberi komentar terkait proses hukum yang sedang berjalan, namun tetap mempertimbangkan semua permintaan untuk mengakomodasi kebutuhan keagamaan.

Dia mengatakan bahwa permintaan terkait melihat gerhana matahari ini sedang dalam proses peninjauan.

Sebelumnya, pelaksana tugas Komisaris Departemen Pemasyarakatan, Daniel Martuscello III mengeluarkan memo pada tanggal 11 Maret lalu yang mengumumkan semua fasilitas pemasyarakatan di New York akan diliburkan pada hari Senin depan.

Menurut gugagatan itu, diliburkannya lapas akan membuat para narapidana tetap berada di dalam unit tempat tinggal mereka, kecuali untuk situasi darurat, dari pukul 14.00 hingga 17.00, yang umumnya merupakan jam normal untuk rekreasi luar ruangan di luar penjara.

Gerhana matahari total diperkirakan akan terlihat di beberapa bagian New York sekitar pukul 15:15 dan hanya berlangsung selama beberapa menit. [ti/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG