Tautan-tautan Akses

Sudan dan Sudan Selatan Gelar KTT untuk Bahas Isu Keamanan


Presiden Sudan Omar al-Bashir menghadiri rapat bersama para pemimpin Sudan Selatan di Istana Nasional, Addis Ababa, 5 January 2013. (REUTERS/Tiksa Negeri)

Presiden Sudan Omar al-Bashir menghadiri rapat bersama para pemimpin Sudan Selatan di Istana Nasional, Addis Ababa, 5 January 2013. (REUTERS/Tiksa Negeri)

Presiden Sudan dan Sudan Selatan bertemu di Addis Ababa pada pembicaraan hari ke-2, guna membahas berbagai isu yang menghambat kesepakatan ekonomi dan keamanan penting, Sabtu (5/1).

Presiden Sudan Omar al-Bashir dan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir, bersama dengan para delegasi lainnya, bertemu dengan mediator Uni Afrika Thabo Mbeki dalam pembicaraan hari Sabtu.

Kedua pemimpin Sudan itu mengadakan rapat kerja sambil bersantap malam dengan tuan rumah, Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn pada hari Jumat.

Meskipun belum ada pernyataan mengenai topik yang mereka bahas, para pemimpin diperkirakan luas akan membicarakan tentang zona perbatasan yang didemiliterisasi, yang disepakati kedua Sudan pada September lalu.

Sengketa mengenai minyak dan perbatasan hampir berkobar menjadi perang antara kedua Sudan pada April lalu. Perjanjian pada bulan September menyerukan kedua negara agar menarik pasukan mereka sedikitnya 10 kilometer dari perbatasan.

Minyak yang diproduksi di Sudan Selatan tidak dapat mulai mengalir kembali melalui jaringan pipa Sudan sebelum kesepakatan kedua negara diberlakukan. Berkurangnya pendapatan dari minyak telah mengganggu perekonomian kedua negara.
XS
SM
MD
LG