Tautan-tautan Akses

Studi: Polisi Brazil Bunuh Sekitar 6 Orang Per Hari


Polisi menahan demonstran dalam protes publik yang menuntut layanan publik yang lebih baik dan menolak anggaran membludak untuk Piala Dunia, Juni 2014. (AP/Nelson Antoine)

Polisi menahan demonstran dalam protes publik yang menuntut layanan publik yang lebih baik dan menolak anggaran membludak untuk Piala Dunia, Juni 2014. (AP/Nelson Antoine)

Polisi Brazil membunuh 11.197 orang dalam lima tahun terakhir, sementara agen-agen penegakan hukum di Amerika Serikat membunuh 11.090 orang dalam 30 tahun terakhir.

Polisi Brazil menewaskan lebih dari 11.000 orang antara 2009 dan 2013 atau rata-rata enam orang per hari, menurut sebuah LSM keselamatan publik, Selasa (11/11).

Studi yang dilakukan oleh Forum Keselamatan Publik Brazil yang berbasis di Sao Paulo menunjukkan polisi di seluruh negeri membunuh 11.197 orang dalam lima tahun terakhir, sementara agen-agen penegakan hukum di Amerika Serikat membunuh 11.090 orang dalam 30 tahun terakhir.

"Bukti empiris menunjukkan bahwa polisi Brazil menggunakan cara-cara kasar dan mematikan untuk merespon kejahatan dan kekerasan," menurut laporan tersebut.

Ada 416 orang yang dibunuh tahun lalu di Rio de Janeiro, atau tingkat per kapita tertinggi untuk 2013.

Studi itu juga menunjukkan bahwa 50.806 orang mati dalam semua pembunuhan tahun lalu, atau satu orang setiap 10 menit.

Hampir 70 persen korban pembunuhan berkulit hitam dan lebih dari setengahnya berusia 15 sampai 29 tahun, menurut studi tersebut.

Selain menggunakan kekuatan yang berlebihan, polisi Brazil sering mengeksekusi tersangka, ujar Bruno Paes Manso dari Pusat Studi Kekerasan di University of Sao Paulo. Ia menyebutnya "praktik yang jarang sekali diselidiki." (AP)

XS
SM
MD
LG