Tautan-tautan Akses

Sersan Bergdahl yang Dibebaskan Taliban, Tiba di Amerika


Sersan Bowe Bergdahl saat dibebaskan Taliban (Foto: dok).
Sersan Bowe Bergdahl saat dibebaskan Taliban (Foto: dok).

Bowe Bergdahl, Sersan angkatan darat Amerika yang ditahan oleh Taliban di Afghanistan selama hampir lima tahun telah kembali ke Amerika Serikat.

Para pejabat militer Amerika mengatakan Bowe Bergdahl, yang telah dirawat di sebuah rumah sakit militer di Jerman, tiba Jumat pagi (13/6) di sebuah pusat medis Angkatan Darat di San Antonio, Texas.

Bergdahl yang berusia 28 tahun itu bebas dua pekan lalu ketika Presiden Amerika Barack Obama setuju melakukan pertukaran tawanan, dan membebaskan lima tersangka teroris Taliban dari penjara militer Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba, dan mengirim mereka ke Qatar, yang setuju untuk menahan mereka selama satu tahun.

Setelah euforia awal di Amerika Serikat atas pembebasan Bergdahl itu, kasusnya telah menimbulkan debat nasional yang intens. Beberapa anggota parlemen Amerika telah mengkritik Obama karena melepaskan pejabat Taliban yang mereka yakini pada akhirnya akan berusaha menyerang Amerika, sementara yang lainnya telah mengecam presiden karena mengabaikan peraturan Amerika yang mengharuskan Kongres diberi pemberitahuan 30 hari sebelumnya apabila tahanan Guantanamo akan dibebaskan.
XS
SM
MD
LG