Tautan-tautan Akses

100 Ribu Mengungsi Akibat Banjir di Kanada


Banjir di bagian barat Kanada membuat jalan-jalan tertutup air dan jembatan-jembatan sulit dilalui. (Foto: Dok)

Banjir di bagian barat Kanada membuat jalan-jalan tertutup air dan jembatan-jembatan sulit dilalui. (Foto: Dok)

Banjir hebat di Kanada menyebabkan 100 ribu orang mengungsi dan longsoran lumpur yang menutup jalan bebas hambatan.

Para pejabat kota Calgary mengatakan banjir hebat di bagian barat Kanada akan membuat sampai 100 ribu orang akan terpaksa mengungsi. Sementara itu, longsoran lumpur memaksa penutupan jalan bebas hambatan Trans-Canada, mengakibatkan dua kota resor di kawasan pegunungan, Banff dan Canmore, terisolasi.

Banjir terjadi setelah hujan lebat yang berlangsung lama. Di Alberta bagian selatan, Kamis (20/6), jalan-jalan tertutup air dan jembatan-jembatan sulit dilalui. Banjir juga menghanyutkan mobil, sofa dan bahkan lemari es. Kompleks permukiman di bagian selatan Calgary merupakan daerah yang terparah dilanda banjir.

Pihak berwenang mengatakan, proses evakuasi akan berlangsung bertahap dalam beberapa hari mendatang. Dua belas kawasan permukiman di provinsi Alberta dinyatakan dalam keadaan darurat.

Seorang perempuan yang berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atas sebuah mobil trailer dinyatakan hilang setelah banjir menghanyutkan kendaraan itu. Para pengemudi yang terjebak banjir di jalan bebas hambatan utama di Kanada diselamatkan dengan bantuan helikopter.
XS
SM
MD
LG