Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Pakistan Tewaskan 65 Militan


Militer Pakistan siaga di Waziristan utara (foto: dok).

Militer Pakistan siaga di Waziristan utara (foto: dok).

Serangan udara Rabu pagi (10/9) menargetkan wilayah kesukuan yang menjadi tempat persembunyian militan Taliban di Waziristan utara, dekat perbatasan Afghanistan.

Militer Pakistan mengatakan pesawat tempur yang menyerang tiga tempat persembunyian di kubu Taliban dekat perbatasan Afghanistan, menewaskan sedikitnya 65 militan.

Para pejabat mengatakan serangan udara Rabu pagi (10/9) menargetkan wilayah kesukuan Waziristan utara, di mana militer telah melakukan serangan besar dalam beberapa bulan terakhir. Militer mengatakan operasi itu telah menewaskan lebih dari 900 militan.

Menurut pertanyaan resmi, militer mula-mula melakukan serangan udara di kawasan Datta Khel, menewaskan 35 orang. Beberapa jam kemudian menyasar sebuah desa di Lembah Shawal , menewaskan 30 orang.

Wilayah ini terlarang bagi wartawan, sehingga mustahil untuk secara independen mengukuhkan jumlah korban yang diumumkan militer itu.

Waziristan Utara telah lama menjadi basis bagi gabungan militan lokal dan al-Qaida, serta kelompok-kelompok bersenjata yang melakukan serangan lintas-perbatasan terhadap pasukan NATO di Afghanistan.

Amerika Serikat telah sejak lama menekan Pakistan untuk mengambil tindakan untuk melenyapkan tempat perlindungan militan di wilayah tersebut.

XS
SM
MD
LG