Tautan-tautan Akses

Separatis Spanyol Klaim Menang Pemilu Parlemen Lokal


Pendukung aliansi pro-kemerdekaan merayakan kemenangan pemilu lokal di Barcelona, Spanyol (27/9).

Pendukung aliansi pro-kemerdekaan merayakan kemenangan pemilu lokal di Barcelona, Spanyol (27/9).

Jajak pendapat menunjukkan aliansi pro-kemerdekaan pimpinan Artur Mas, kurang sekitar lima suara untuk menjadi mayoritas mutlak dalam parlemen dengan 135 anggota.

Separatis di wilayah Catalonia, Spanyol timur laut, hari Minggu (27/9) mengklaim kemenangan dalam pemilu parlemen lokal yang bisa mendorong wilayah itu berhadapan dengan pemerintah pusat untuk kemerdekaan.

Kepada massa pendukung kemerdekaan yang bergembira seraya mengibarkan bendera di Barcelona hari Minggu, presiden regional nasionalis Artur Mas menyatakan, "Kita menang." Ia mengatakan itu setelah lebih dari 80 persen surat suara dihitung.

Jajak pendapat menunjukkan aliansi pro-kemerdekaan pimpinan Mas, "Together for Yes," kurang sekitar lima suara untuk menjadi mayoritas mutlak dalam parlemen dengan 135 anggota, yang dibutuhkan guna mendesakkan kemerdekaan tahun 2017. Tetapi partai kiri yang lebih kecil dan pro-pemisahan, dikenal sebagai CUP, kemungkinan merebut 11 sampai 13 kursi lainnya.

Menjelang pemungutan suara itu, kedua partai mengatakan hasil itu akan memungkinkan mereka secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan dalam waktu 18 bulan.

Berdasar rencana itu, pemerintah Catalan membayangkan akan menyetujui konstitusi mereka sendiri, dan akhirnya mendirikan bank sentral dan peradilan Catalan.

Pemerintah nasional Spanyol di Madrid belum memberi komentar resmi mengenai hasil Pemilu Minggu malam itu. [ka]

XS
SM
MD
LG