Tautan-tautan Akses

Senjata Suriah Tiba di Italia untuk Dimusnahkan


Kapal MV Cape Ray di pelabuhan Gioia Tauro, Italia (1/7), saat kapal barang Denmark, Ark Futura, yang mengangkut senjata kimia Suriah merapat ke pelabuhan tersebut.

Kapal barang Denmark, Ark Futura, disertai dengan helikopter militer, membawa senjata itu ke pelabuhan Gioia Tauro di bawah pengamanan ketat.

Satu muatan senjata kimia Suriah telah tiba di pelabuhan Italia untuk dimusnahkan, memenuhi kesepakatan internasional di tengah-tengah perang saudara di Suriah.

Kapal barang Denmark, Ark Futura, disertai dengan helikopter militer, membawa senjata itu ke pelabuhan Gioia Tauro di bawah pengamanan ketat. Di sana, sebuah kapal militer Amerika, MV Cape Ray, menunggu untuk mengangkut senjata itu ke perairan internasional, di mana sekitar setengah dari kargo itu akan dihancurkan di laut. Sisanya akan dihancurkan di pabrik di Amerika dan Eropa.

Di antara kargo itu adalah pasokan gas mustard dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gas saraf sarin.

Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia mengatakan bulan Juni bahwa pemusnahan bahan kimia dari Suriah belum pernah terjadi sebelumnya, selagi bangsa ini masih dalam keadaan konflik bersenjata internal.

Suriah setuju untuk menyerahkan senjata kimia sebagai tanggapan terhadap perjanjian yang ditengahi PBB tahun lalu.

XS
SM
MD
LG