Tautan-tautan Akses

AS

Senator Amerika Rancang RUU Batasi Senjata


Senator Richard Blumenthal (partai Demokrat) mempersiapkan RUU untuk menekan kekerasan memakai senjata (foto: dok).

Senator Richard Blumenthal (partai Demokrat) mempersiapkan RUU untuk menekan kekerasan memakai senjata (foto: dok).

Para senator Demokrat ingin menutup celah yang memungkinkan orang membeli senjata lewat Internet dan pameran senjata tanpa melalui pemeriksaan latar belakang.

Para senator Amerika dari Partai Demokrat sedang mempersiapkan RUU untuk menekan kekerasan memakai senjata menyusul insiden fatal minggu lalu di sebuah kampus di negara bagian Oregon.

Dalam jumpa pers hari Kamis (8/10), senator-senator Demokrat mengatakan ingin menutup celah yang memungkinkan orang membeli senjata lewat Internet dan pameran senjata tanpa melalui pemeriksaan latar belakang.

“Para korban dan keluarga orang-orang yang menderita akibat kekerasan senjata pantas mendapatkan tanggapan yang lebih baik dari Kongres yang hanya berdiam diri dan menunggu tragedi berikutnya,” kata Senator Richard Blumenthal.

Proposal itu juga ingin merombak sistim pemeriksaan latar belakang yang berlaku saat ini agar bisa menyaring lebih baik orang-orang yang dilarang memiliki senjata. RUU itu juga menyerukan larangan penjualan senjata kepada bekas narapidana kekerasan rumah tangga.

“Semakin baik sistim pemeriksaan latar belakang, semakin aman rakyat,” kata Senator Tim Kaine. “Ini seharusnya mudah. Mayoritas rakyat Amerika mendukung pemeriksaan latar belakang. Para pemilik senjata, seperti saya, juga sangat mendukung pemeriksaan latar belakang.”

Faksi Demokrat juga berusaha mengakhiri praktik dimana orang membeli senjata untuk dipakai orang lain guna menghindari pemeriksaan. Mereka juga ingin memperkuat penegakan hukum terhadap penyelundup senjata.

Penembakan massal sering terjadi di Amerika, termasuk di sebuah sekolah dasar di negara bagian Connecticut tahun 2012 yang menewaskan 20 siswa. Kalangan pro-senjata berargumen hak mereka dilindungi oleh konstitusi Amerika. [th/ii]

XS
SM
MD
LG