Tautan-tautan Akses

Sarkozy Upayakan Dukungan Obama bagi Kepemimpinan G20


Presiden Nicolas Sarkozy (kiri) dan Presiden Barack Obama dalam pertemuan di Gedung Putih, Senin 10 Januari 2010.

Presiden Nicolas Sarkozy (kiri) dan Presiden Barack Obama dalam pertemuan di Gedung Putih, Senin 10 Januari 2010.

Obama mengatakan Perancis merupakan sekutu kuat AS dalam kerjasama ekonomi global dan isu-isu politik seperti Afghanistan dan Iran.

Presiden Perancis Nicholas Sarkozy bertemu dengan Presiden Amerika Barack Obama di Washington hari Senin dalam pembicaraan yang membahas isu ekonomi dan keamanan dunia.

Pembicaraan itu datang selagi Perancis bersiap-siap mengambil alih kepememimpinan G20 atau kelompok yang terdiri dari 20 negara maju dan berkembang. Selama kepemimpinannya, Sarkozy berharap untuk melaksanakan berbagai reformasi.

Presiden Barack Obama dan Presiden Nicolas Sarkozy juga untuk terus berjanji bekerja sama dalam memerangi terorisme dan mendorong reformasi ekonomi global.

Obama mengatakan Amerika dan Perancis sama-sama menghadapi tantangan terorisme dan Obama mengungkapkan bala sungkawa atas tewasnya dua sandera Perancis di Niger. Ia mengatakan Perancis merupakan sekutu kuat Amerika, dan mencatat kerjasama ekonomi global dan isu-isu geo politik seperti Afghanistan dan Iran.

Sarkozy mengatakan, Amerika dan Perancis akan bersama-sama memerangi terorisme. Ia juga mengatakan kedua negara akan bekerja keras untuk memecahkan isu-isu perdagangan dan mata uang. Sarkozy mengatakan Perancis menyadari betapa pentingnya peran dolar Amerika, sebagai mata uang utama dunia.

Kedua pemimpin juga membahas tantangan keamanan seperti perang yang dipimpin NATO di Afghanistan, kerusuhan di Pakistan dan berbagai ancaman dari para militan di Afrika utara. Pada hari Minggu, Sarkozy mengecam pembunuhan dua warga negara Perancis di Niger.

Presiden Sarkozy ditemani oleh isterinya, Carla Bruni-Sarkozy, dalam kunjungan selama satu hari itu.

XS
SM
MD
LG