Tautan-tautan Akses

Sanders Kalahkan Clinton di Michigan, Trump Terus Jaya

  • Jim Malone

Kandidat capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders melambaikan tangan kepada para pendukungnya di Miami, Florida, pada malam menjelang pemilihan di negara bagian Michigan, Mississippi (8/3).

Kandidat capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders melambaikan tangan kepada para pendukungnya di Miami, Florida, pada malam menjelang pemilihan di negara bagian Michigan, Mississippi (8/3).

Dalam kontes nominasi calon presiden Amerika Serikat, semua mata tertuju pada dua negara bagian terbesar yang menyelenggarakan pemungutan suara hari Selasa (8/3).

Bernie Sanders dari Partai Demokrat meraih kemenangan tipis atas Hillary Clinton dalam pemilihan pendahuluan di Michigan hari Selasa (8/3), sehingga memberikan semangat baru dalam kampanyenya. Clinton dengan mudah mengalahkan Sanders di Mississippi.

Sementara itu di Partai Republik Donald Trump meneruskan kejayaannya di ke-dua negara bagian itu, bergerak selangkah lagi lebih dekat untuk memperoleh nominasi presiden dari partainya.

Bernie Sanders menang atas calon unggulan Hillary Clinton di Michigan dan mengirim isyarat bahwa kontes di kubu Demokrat, di mana Clinton selama ini unggul, bisa berlanjut untuk beberapa lama lagi.

“Dan malam ini artinya bahwa kampanye Bernie Sanders, revolusi rakyat yang kita bicarakan, revolusi politik yang kita bicarakan, kuat di setiap bagian Amerika,” kata Bernie Sanders.

Clinton menang dengan mudah di Mississippi dan akan berbagi delegasi dengan Sanders di Michigan. Ia juga mempertahankan keunggulan besar dalam jumlah delegasi menuju ke pemilihan pendahuluan pekan depan di lima negara bagian besar.

“Jika Anda bekerja untuk saya dan memilih saya, saya akan bekerja dengan sepenuh hati untuk Anda. Saya akan bekerja setiap hari untuk Anda,” kata Hillary.

Di kubu Republik, Donald Trump berhasil maju selangkah lagi untuk memenangkan nominasi partai dengan kemenangan menyolok di Mississippi dan Michigan. Trump boleh merasa puas bahwa ia tetap menang meskipun terus menerus didera iklan negatif di televisi.

“Mereka telah menyerang saya dengan sangat kejam dan setiap orang yang menyerang saya, menderita kekalahan dan saya sangat bangga dengan hal itu. Karena itulah yang harus kita miliki untuk negara kita,” kata Donald Trump.

Gubernur Ohio John Kasich dan Senator Texas Ted Cruz membuntuti Trump di Michigan. Kasich mendesak para pendukungnya agar menyongsong pemilihan pendahuluan pekan depan di negara bagiannya.

“Jadi saya kira orang mulai menghargai kampanye positif, kampanya yang mereka katakan kepada anak-anak mereka, 'ini adalah cara untuk bertingkah laku dalam politik'. Tunggu saja seminggu dari malam ini, kita akan memenangi negara bagian Ohio dan itu akan menjadi titik tolak yang baru,” kata John Kasich.

Ted Cruz menang dalam pemilihan pendahuluan di Idaho dan merasa percaya diri dengan jajak pendapat nasional yang baru yang menunjukkan Trump mulai menurun.

“Kita tahu bahwa hanya beberapa menit yang lalu jajak pendapat nasional yang baru dari Wall Street Journal menunjukkan secara statistik kita seri dengan Donald Trump,” ujar Ted Cruz.

Sementara itu, Senator Florida Marco Rubio yang tidak berhasil memenangkan satu negara bagian pun hari Selasa mengatakan, “Anda pernah percaya pada saya. Saya mohon Anda mempercayai saya lagi.”

Senator Marco Rubio berharap memperoleh kemenangan pekan depan, sebagai upaya terakhir di negara bagian asalnya Florida, meskipun tertinggal jauh di belakang dalam pemilihan pendahuluan hari Selasa.

Florida dan Ohio memberikan delegasi dalam jumlah besar di antara lima negara bagian yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan Selasa depan, hari yang bisa memperkuat atau mematahkan harapan para kandidat dari kedua partai untuk terus berlaga menuju Gedung Putih. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG