Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Jerman Blokir Pawai Neo-Nazi di Dresden


Pawai Neo-Nazi di Dresden, Jerman timur Minggu (13/2).

Pawai Neo-Nazi di Dresden, Jerman timur Minggu (13/2).

Ratusan orang mengadakan pawai neo-Nazi untuk memperingati HUT ke-66 pengeboman pasukan sekutu dalam Perang Dunia kedua.

Ribuan orang di kota Dresden, Jerman timur, saling berpegangan tangan, membentuk rantai manusia, untuk memrotes pawai neo-Nazi untuk memperingati ulang tahun ke-66 pengeboman pasukan sekutu dalam Perang Dunia Kedua yang meluluhlantak sebagian besar pusat kota.

Pihak berwenang kota mengatakan 17 ribu orang datang bersama-sama hari Minggu untuk membentuk rantai manusia, sementara ratusan neo-Nazi berkumpul di dekat situ untuk berpawai di bawah pengawalan ketat polisi.

Aktivis sayap-kanan telah lama menggunakan peringatan ulang tahun itu sebagai forum untuk mengecam pasukan Sekutu sebagai penjahat perang, dan menolak tanggungjawab Jerman atas perang di Eropa. Pawai Neo-Nazi itu biasanya dihadang protes-protes tandingan sehingga terkadang menjadi kekerasan.

Gelombang pesawat pengebom Inggris dan Amerika membombardir kota tanggal 13 dan 14 Februari 1945, menghancurkan sebagian besar Baroque pusat kota Dresden yang berusia berabad-abad, menewaskan sekitar 25 ribu orang. Komandan Sekutu membenarkan pengeboman itu sebagai menarget yang apa yang kota itu pernah sebut sebagai salah satu pusat industri terkemuka Reich Ketiga.

Beberapa sejarawan berpendapat pengeboman itu tidak penting secara strategis dan tidak dibenarkan.

XS
SM
MD
LG