Tautan-tautan Akses

Jerman: Belarusia Bisa Hindari Sanksi dengan Pemilu Baru


Komisaris HAM Jerman, Markus Loening juga meminta Belarusia membebaskan semua pembangkang yang dipenjara

Komisaris HAM Jerman, Markus Loening juga meminta Belarusia membebaskan semua pembangkang yang dipenjara

Komisaris HAM Jerman Markus Loening mengusulkan Belarusia untuk mengadakan pilpres baru untuk menghindari sanksi politik dari Uni Eropa.

Kepala HAM Jerman mengatakan Belarusia dapat menghindari sanksi politik baru dari Uni Eropa dengan mengadakan pemilihan presiden baru.

Berbicara di ibukota Belarusia, Minsk, pada hari Sabtu, Komisaris HAM Jerman Markus Loening mengatakan Belarusia juga harus membebaskan semua pembangkang yang dipenjara dan semua pejabat harus bertanggung jawab atas tindakan kekerasan terhadap para pendukung oposisi setelah pemilihan presiden tanggal 19 Desember.

Para pendukung oposisi melakukan protes hasil pemilu dengan menyatakan pemerintah telah mencurangi pemilihan di mana presiden yang berkuasa Lukashenko terpilih kembali dengan suara terbanyak untuk masa jabatan keempat. Polisi anti-huru hara membubarkan aksi protes dengan kekerasan dan calon presiden yang beroposisi ditangkap.

Polandia dan Jerman dengan lantang telah mengecam tindakan keras itu dan mendorong seruan pemberlakukan sanksi terhadap Belarusia.

Pada hari Jumat, surat kabar milik pemerintah Belarus menuduh Polandia dan Jerman mendukung para demonstran dan berupaya melakukan kudeta dalam pemilu bulan lalu. Kedua negara menepis tuduhan tersebut.

XS
SM
MD
LG