Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Berdemonstrasi Protes Status Darurat


Ribuan warga berdemonstrasi protes status darurat di Paris, Sabtu, 20 Januari 2016.

Ribuan warga berdemonstrasi protes status darurat di Paris, Sabtu, 20 Januari 2016.

Ribuan warga hari Sabtu (30/1) berdemonstrasi di tengah hujan di kota Paris mengecam rencana memperpanjang status darurat di Perancis dan mencabut kewarganegaraan Perancis mereka yang memiliki dwi-kewarganegaraan dan divonis bersalah dalam kasus teroris.

Kelompok-kelompok HAM, politisi dan serikat buruh ikut berdemonstrasi di kota Paris dan beberapa kota lain di seantero Perancis. Demonstrasi itu terjadi hanya beberapa hari setelah Kabinet Perancis berencana mengkaji-ulang kebijakan memperpanjang status darurat hari Rabu (3/2), yang pertama kali diberlakukan setelah serangkaian serangan teroris di Paris tanggal 13 November lalu, yang menewaskan 130 orang.

Status darurat memberi kekuasaan lebih besar kepada polisi dan otorita administratif untuk melakukan penggeledahan tanpa surat perintah, penahanan rumah dan langkah-langkah lain.

Salah satu spanduk dalam demonstrasi itu bertuliskan “Di mana kebebasan Perancis saya?”

Parlemen diperkirakan akan menyetujui perpanjangan kebijakan dengan beberapa pertimbangan itu akhir bulan ini. Status darurat yang sudah diberlakukan November lalu akan berakhir tanggal 26 Februari mendatang. [em]

XS
SM
MD
LG