Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Jepang Gelar Protes Menentang PLTN


Ribuan warga di Tokyo melakukan unjuk rasa menuntut penutupan PLTN di Jepang, Senin (16/7).

Ribuan warga di Tokyo melakukan unjuk rasa menuntut penutupan PLTN di Jepang, Senin (16/7).

Puluhan ribu orang warga Jepang berdemonstrasi di Tokyo hari Senin (16/7), untuk memrotes pemanfaatan tenaga nuklir bagi pembangkit listrik.

Peristiwa ini menunjukkan semakin meluasnya tentangan terhadap penggunaan energi atom di Jepang sejak krisis yang melanda pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

Protes hari Senin berlangsung sementara Jepang bersiap untuk mengoperasikan kembali sebuah reaktor yang sempat ditutup setelah tsunami dan gempa pada Maret tahun lalu yang mengakibatkan proses pelelehan nuklir di beberapa reaktor di Fukushima.

Semua instalasi nuklir Jepang diperintahkan untuk ditutup setelah bencana itu. Bulan lalu, Perdana Menteri Yoshihiko Noda memutuskan untuk mengaktifkan kembali dua reaktor di bagian Barat Jepang di tengah-tengah kekhawatiran akan terjadinya krisis listrik musim panas ini.

Pihak penyelenggara demonstrasi mengatakan lebih dari 170 ribu orang berpartisipasi dalam aksi protes itu, termasuk pengarang peraih Nobel Kenzaburo Oe dan musisi Ryuichi Sakamoto.
XS
SM
MD
LG