Tautan-tautan Akses

Republik Ceko Beri Suaka Politik Suami Mantan PM Ukraina yang Dipenjara


Tokoh oposisi dan mantan PM Ukraina yang sedang menjalani hukuman penjara, Yulia Tymoshenko (kanan) bersama suaminya, Oleksandr Tymoshenko (foto: dok).

Tokoh oposisi dan mantan PM Ukraina yang sedang menjalani hukuman penjara, Yulia Tymoshenko (kanan) bersama suaminya, Oleksandr Tymoshenko (foto: dok).

Republik Ceko memberikan suaka politik kepada suami tokoh oposisi Ukraina yang sedang menjalani hukuman penjara, Yulia Tymoshenko.

Jurubicara pemerintah di Praha mengukuhkan hari Jumat bahwa Oleksandr Tymoshenko, suami mantan PM Yulia Tymoshenko, telah diberi izin untuk tinggal di negara itu.

Yulia Tymoshenko menjalani hukuman penjara tujuh tahun setelah dinyatakan bersalah menyalahgunakan kekuasaan sebagai perdana menteri tahun 2009. Pengadilan terhadap Tymoshenko dikecam negara-negara Barat sebagai bermotif politik.

Para pejabat Ceko sebelumnya hari Jumat mengukuhkan laporan bahwa Oleksandr Tymoshenko mengajukan permohonan suaka politik bulan lalu. Kabarnya, ia memiliki kepentingan bisnis di Republik Ceko.

Uni Eropa telah menyuarakan “keprihatinan serius” kepada Presiden Ukraina Viktor Yanukovych dan pejabat-pejabat tinggi negara itu mengenai pemenjaraan pemimpin oposisi Yulia Tymoshenko.

Komisaris Perluasan Uni Eropa Stefan Fule bertemu dengan Presiden Yanukovych di Kyiv sebelum mengunjungi Tymoshenko di penjara bulan lalu.

Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy juga menyatakan bahwa Uni Eropa tidak akan menandatangani kesepakatan keanggotan Ukraina di Uni Eropa, sebelum Ukraina menyelesaikan kasus mantan PM Yulia Tymoshenko.

XS
SM
MD
LG