Tautan-tautan Akses

Uni Eropa: Keanggotaan Ukraina Tergantung Situasi Politik


Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko melambai kepada para pendukungnya dari jendela penjara di Kyiv (4/11).

Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko melambai kepada para pendukungnya dari jendela penjara di Kyiv (4/11).

Uni Eropa tidak akan menandatangani kesepakatan, sebelum Ukraina menyelesaikan kasus mantan PM Yulia Tymoshenko yang dipenjara.

Uni Eropa dan Ukraina telah menyelesaikan KTT di Kyiv untuk merancang kesepakatan kerjasama politik dan perdagangan yang penting, tetapi Uni Eropa tidak akan menandatanganinya sebelum Ukraina menyelesaikan kasus mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko yang dipenjara.

Setelah dialog empat mata hari Senin dengan Presiden Ukraina Victor Yanukovych, Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy mengatakan kesepakatan telah dicapai, tetapi penandatanganan tergantung pada “keadaan politik.”

Van Rompuy mengatakan ia khawatir dengan apa yang disebutnya sistem peradilan bermotivasi politik di Ukraina. Ia mengatakan peradilan Tymoshenko adalah contoh paling jelas.

Mantan perdana menteri itu bulan Oktober divonis tujuh tahun penjara karena penyelewengan kekuasaan tahun 2009 dalam bisnis gas dengan Rusia yang menurut penentangnya terlalu menguntungkan Rusia. Ia kemudian dijatuhi sejumlah tuduhan lainnya.

Tymoshenko membantah berbagai tuduhan itu dan naik banding.

XS
SM
MD
LG