Tautan-tautan Akses

Raja Baru Spanyol Serukan Pemberantasan Korupsi


Raja Spanyol Felipe VI di Madrid, Spanyol (Foto: dok).

Raja Spanyol Felipe VI di Madrid, Spanyol (Foto: dok).

Raja baru Spanyol Felipe VI dalam pidato malam Natal pertamanya, Rabu (25/12), menegaskan bahwa korupsi yang meningkat di negara itu harus diberantas.

Raja Felipe VI dalam pidato Natalnya tidak menyebutkan nama saudara perempuannya – Putri Cristina – yang baru-baru ini dikenai dakwaan korupsi, namun mengatakan bahwa tokoh-tokoh publik Spanyol tidak memiliki hak untuk memanfaatkan status mereka untuk menjadi kaya secara ilegal. Ia juga menegaskan bahwa hukum tidak memberi hak istimewa pada mereka yang memiliki kedudukan.

Pidato yang ditonton jutaan warga Spanyol di TV itu merupakan pidato kenegaraan paling penting yang disampaikan raja-raja Spanyol. Felipe menyampaikan pidato pertamanya itu setelah ayahnya, Juan Carlos, turun tahta Juni lalu.​

Hanya dua hari sebelum Felipe menyampaikan pidatonya, Cristina dikenai dua dakwaan penghindaran pajak yang bisa menjatuhkannya ke penjara.​

Cristina bisa dikenai hukuman penjara delapan tahun jika terbukti bersalah melakukan penipuan pajak untuk menyokong gaya hidup dirinya dan suaminya yang mewah di sebuah rumah di Barcelona.

Meskipun raja tidak menyebut nama Cristina, Fernando Rayon, seorang penulis mengenai kerajaan, mengatakan, tidak ada keraguan bahwa pernyataan Felipe merujuk pada saudara perempuannya tersebut.

XS
SM
MD
LG