Tautan-tautan Akses

Putri Oposisi Rusia Tuding Putin Terkait Pembunuhan Nemtsov


Zhanna Nemtsova, putri mendiang oposisi Boris Nemtsov, saat menghadiri pemakaman ayahnya di Moskow, 3 Maret 2015 (REUTERS/Tatyana Makeyeva)

Zhanna Nemtsova, putri mendiang oposisi Boris Nemtsov, saat menghadiri pemakaman ayahnya di Moskow, 3 Maret 2015 (REUTERS/Tatyana Makeyeva)

Pembunuhan Boris Nemtsov (55 tahun) yang ditembak mati dekat Kremlin akhir Februari lalu, membangkitkan amarah oposisi, yang menganggap Putin sebagai dalangnya.

Putri politisi oposisi Rusia, Boris Nemtsov, mengatakan, secara “politik,” Presiden Vladimir Putin bertanggung jawab atas kematian ayahnya.

Dalam wawancara di Italia dengan BBC, Zhanna Nemtsova mengutarakan ayahnya adalah "seorang pengeritik Putin, selalu berselisih dengan Putin, tidak dengan orang lain" dan dia mempersalahkan presiden itu atas kematian ayahnya.

"Setelah kematian Nemtsov, kelompok oposisi dibungkam dan setiap orang merasa takut," imbuh Nemtsova. Pembunuhan Nemtsov (55 tahun) yang ditembak mati dekat Kremlin akhir Februari lalu itu, membangkitkan amarah oposisi, yang menganggap Putin sebagai dalangnya.

Lima orang telah ditangkap dan dua di antaranya didakwa melakukan pembunuhan tersebut, meskipun kolega-kolega Nemtsov cemas bahwa siapa saja yang memerintahkan pembunuhan Nemtsov, mungkin tak akan pernah diketahui. Wawancara BBC dengan Zhanna Nemtsova itu disiarkan Rabu (11/3) malam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG