Tautan-tautan Akses

Putin Perintahkan Penarikan Pasukan Rusia dari Suriah


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) mendengarkan penjelasan dari Menlu Sergei Lavrov dalam pertemuan di Moskow, Senin (14/3).

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) mendengarkan penjelasan dari Menlu Sergei Lavrov dalam pertemuan di Moskow, Senin (14/3).

Presiden Vladimir Putin telah memerintahkan penarikan pasukan Rusia dari Suriah karena tugas-tugas mereka di sana telah selesai.

Media pemerintah Rusia, hari Senin (14/3) malam melaporkan presiden Vladimir Putin telah memerintahkan penarikan pasukan Rusia dari Suriah.

Media Rusia mengutipnya memberi tahu Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Menlu Sergei Lavrov bahwa tugas-tugas yang diberikan kepada kementerian pertahanan untuk dilaksanakan di Suriah telah selesai.

Putin mengatakan kepada para menteri itu, “Oleh karenanya, saya perintahkan mulai besok penarikan mundur bagian utama kelompok militer kita dari Republik Arab Suriah.”

Situs Rusia itu mengutip Putin memberitahu Presiden Suriah Bashar al-Assad lewat percakapan telepon bahwa ia setuju untuk menarik mundur “bagian penting” dari kontingen Angkatan Udara Rusia yang sekarang beroperasi di Suriah.

Meski demikian, situs itu mengutip Putin mengatakan Rusia akan mempertahankan landasan udara untuk mendukung penerbangan pesawat yang memantau kepatuhan terhadap pelaksanaan gencatan senjata di Suriah.

Gedung Putih mengatakan belum melihat laporan khusus mengenai penarikan mundur pasukan Rusia dari Suriah dan sulit untuk mengatakan bagaimana penarikan ini akan mengubah situasi di Suriah. [my/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG