Tautan-tautan Akses

Menlu AS Bicarakan Krisis Suriah dengan Menlu Eropa di Paris

  • Associated Press

Kunjungan John Kerry di Paris, Perancis

Kunjungan John Kerry di Paris, Perancis

Menlu AS dan Menlu Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia mengadakan pembicaraan di Paris. Sebelum pembicaraan hari Senin, Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem memperingatkan para perunding bahwa setiap pembicaraan mengenai nasib presiden Suriah tidak turut dibicarakan

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Perancis, Jerman dan Italia hari Minggu di Paris mengenai krisis Suriah, sehari sebelum pembicaraan perdamaian yang disponsori PBB akan dimulai di Jenewa.

Sebelum pembicaraan hari Senin, Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem memperingatkan para perunding bahwa setiap pembicaraan mengenai nasib presiden Suriah tidak turut dibicarakan. “Kita tidak akan berbicara dengan siapapun yang ingin membicarakan kepresidenan . . . Bashar al-Assad di luar batas,” kata Muallem.

Mohammad Alloush, pemimpin perunding kelompok oposisi utama Suriah, mengatakan presiden harus turun. Ia mengatakan kepada Kantor Berita Perancis, “Kami yakin bahwa masa transisi harus mulai dengan kejatuhan atau kematian Bashar al-Assad.”

Kerry telah mendesak kedua pihak di Suriah agar melanjutkan pembicaraan perdamaian walaupun ada sengketa mengenai kepresidenan dan apa yang disebutnya “persepsi pelanggaran gencatan senjata” oleh pemerintah Suriah. [gp]

XS
SM
MD
LG