Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Inggris Protes Langkah Penghematan di London


Puluhan ribu warga Inggris turun ke jalan-jalan di London untuk memrotes langkah-langkah penghematan pemerintah, Sabtu (20/10).

Puluhan ribu warga Inggris turun ke jalan-jalan di London untuk memrotes langkah-langkah penghematan pemerintah, Sabtu (20/10).

Puluhan ribu demonstran datang ke ibukota Inggris hari Sabtu dan melakukan protes yang gaduh namun damai terhadap program penghematan pemerintah.

Serikat buruh, aktivis anti perang, pemimpin sayap kiri, kelompok masyarakat dan aktivis-aktivis lain turun ke jalan-jalan London dalam demonstrasi menentang belanja publik yang didesakkan pemerintah dalam rangka mengatasi masalah hutang Inggris yang kini mencapai lebih dari 1 triliun poundsterling.

Meskipun program penghematan mencatat sedikit sukses dan defisit Inggris turun sedikit, ekonomi Inggris menyusut selama tiga kuartal berturut-turut ditengah-tengah pemotongan di dalam negeri dan kekisruhan ekonomi di benua Eropa.

Brendan Barber, dari Trades Union Congress yang ikut mengorganisir protes ini mengatakan pesan protes Sabtu itu adalah bahwa “penghematan telah gagal.”

Pemerintah membuat kehidupan sangat sulit untuk jutaan orang karena potongan gaji terhadap pekerja sementara golongan kaya diberi potongan pajak, katanya.

Pemerintah sayap kanan yang sekarang berkuasa tidak disukai warga awam Inggris karena mengurangi pajak pendapatan orang-orang paling kaya sebelumnya tahun ini.
XS
SM
MD
LG