Tautan-tautan Akses

Presiden Nigeria Kunjungi Lokasi Bom di Abuja


Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengunjungi lokasi ledakan bom di kantor harian 'This Day' di Abuja (28/4).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengunjungi lokasi ledakan bom di kantor harian 'This Day' di Abuja (28/4).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menghimbau warga Nigeria agar bergabung melawan terorisme saat berkunjung ke kantor Harian This Day (28/4).

Dalam kunjungannya hari Sabtu, Jonathan mengatakan negaranya melakukan segala upaya untuk memerangi militan Islamis Boko Haram, yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu. Presiden itu tidak mengesampingkan kemungkinan bernegosiasi dengan kelompok itu.

Presiden Jonathan mengatakan serangan teror di mana pun di Nigeria merupakan serangan terhadap semua warga Nigeria dan dunia.

Pemilik harian itu Nduka Obaigbena mengatakan serangan itu merupakan serangan terhadap kebebasan menyatakan pendapat yang katanya harus dibela.

Sekte Islamis Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri hari Jumat di Abuja dan juga serangan terhadap kantor harian This Day yang menempati gedung sama dengan penerbitan lain di Kaduna. Sedikitnya sembilan orang tewas dalam ledakan itu.

Boko Haram mengeluarkan pernyataan yang mengatakan akan menarget kelompok-kelompok media yang menerbitkan laporan yang dianggapnya tidak akurat dan tidak netral terhadap sekte itu. Boko Haram yang berbasis di Nigeria utara telah dituduh menewaskan ratusan orang di Nigeria tahun ini.
XS
SM
MD
LG