Tautan-tautan Akses

Presiden Suriah Tidak Kesampingkan Kemungkinan Serangan Militer AS


Presiden Suriah Bashar al-Assad saat diwawancarai saluran televisi Fox News di Damaskus, 19 September 2013 (Foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad saat diwawancarai saluran televisi Fox News di Damaskus, 19 September 2013 (Foto: dok).

Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak mengesampingkan kemungkinan serangan militer AS terhadap negaranya meskipun Suriah telah menyetujui perjanjian penyerahan senjata kimia.

Berbicara melalui televisi Venezuela, Assad mengatakan pemerintahnya berkomitmen pada persetujuan Amerika-Rusia, yang sedang dalam tahap akhir pengesahan Dewan Keamanan PBB.

Assad mengatakan, ia tidak melihat adanya hambatan serius, tetapi memperingatkan bahwa para teroris, istilah yang digunakannya untuk menyebut pemberontak, dapat berusaha merintangi akses bagi para pakar PBB yang akan mengamankan senjata kimia Suriah.

Persetujuan itu dicapai setelah Amerika Serikat mengancam akan melancarkan serangan militer sebagai hukuman karena tentara Suriah menggunakan senjata kimia yang menewaskan ratusan warga sipil bulan lalu. Assad membantah menggunakan senjata kimia. Pernyataan Assad dikeluarkan sementara tim inspeksi senjata PBB kembali ke Suriah untuk menyidik beberapa insiden dimana dilaporkan adanya penggunaan senjata kimia di wilayah tersebut.
XS
SM
MD
LG