Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Obama Tinjau Oklahoma Pasca Badai


Presiden Barack Obama memberikan sambutan di antara reruntuhan gedung Sekolah Dasar Plaza Towers Elementary di kota Moore, Oklahoma (26/5).

Presiden Barack Obama memberikan sambutan di antara reruntuhan gedung Sekolah Dasar Plaza Towers Elementary di kota Moore, Oklahoma (26/5).

Presiden Amerika Barack Obama meninjau kota Moore di negara-bagian Oklahoma yang dilanda tornado pekan lalu, Minggu (26/5).

Dalam kunjungannya di kota Moore, Presiden Obama memberi dukungan dan menjanjikan bantuan pemerintah federal jangka panjang bagi warga yang selamat dari badai yang menewaskan 24 orang pekan lalu.

Berbicara disamping reruntuhan sebuah sekolah dasar di kota Moore hari Minggu, Obama mengatakan “sulit memahami” kerusakan akibat hantaman yang luar biasa dahsyat dari tornado berkekuatan EF-5, kategori terkuat dalam skala topan di Amerika. Sepuluh dari yang tewas adalah anak-anak, termasuk tujuh siswa yang berada dalam sekolah itu ketika badai datang.

Puting beliung itu juga mencederai 377 orang dan menghancurkan 1.200 rumah, dua sekolah dasar dan sebuah rumah sakit. Kerusakan ditaksir mencapai sekitar $ 2 miliar.

Dengan didampingi Gubernur Oklahoma Mary Fallin dan para pejabat lain, Obama mendesak orang agar menyumbang ke Palang Merah Amerika untuk membantu pemulihan kembali kota tersebut. Ia juga berjanji bahwa penduduk yang menderita kerusakan akibat hantaman tornado tersebut, akan memperoleh bantuan dari Badan Pengelolaan Bantuan Darurat Federal.
XS
SM
MD
LG