Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Bahas Pemilu Rusia dengan Presiden Medvedev


Presiden Barack Obama menelepon Presiden Rusia Dmitry Medvedev untuk menanyakan pemilu Rusia (foto: dok).

Presiden Barack Obama menelepon Presiden Rusia Dmitry Medvedev untuk menanyakan pemilu Rusia (foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama telah menyampaikan pertanyaan tentang sengketa pemilu Rusia, lewat pembicaraan telepon dengan Presiden Dmitry Medvedev.

Gedung Putih dalam pernyataan hari Jumat mengatakan, Presiden Obama mencatat adanya laporan kecurangan dalam cara penyelenggaraan pemilu itu, tetapi menyambut janji Presiden Medvedev untuk menyelidiki tuduhan-tuduhan tersebut.

Presiden Obama juga memuji tindakan pemerintah Rusia yang mengijinkan sejumlah demonstrasi memprotes pemilu itu.

Kepolisian Rusia melaporkan 20 ribu orang turun ke jalan-jalan kota Moskow hari Sabtu, dan ribuan berpawai di kota-kota Rusia lainnya memprotes dugaan kecurangan dalam pemilu parlemen yang dimenangkan oleh Partai Rusia Bersatu pimpinan Perdana Menteri Vladimir Putin. Vladimir Putin akan ikut dalam pemilu presiden bulan Maret.

Presiden Obama mengatakan demonstrasi merupakan ekspresi masyarakat madani yang sesuai dengan tujuan Presiden Medvedev untuk memodernisasi Rusia.

Secara terpisah, Gedung Putih menyatakan dalam pembicaran itu Presiden Obama juga memberikan ucapan selamat kepada Rusia yang telah diterima untuk bergabung dalam Organisasi Perdagangan Dunia WTO. Pernyataan itu menyatakan kedua presiden menyambut gembira pencapaian ini – yang merupakan salah satu hasil pemulihan hubungan bilateral – yang menguntungkan Rusia dan Amerika.

XS
SM
MD
LG