Tautan-tautan Akses

Presiden Korea Selatan Akan Bertemu PM Jepang


Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan menghadiri KTT di Korea Selatan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang pekan depan.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan menghadiri KTT di Korea Selatan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang pekan depan.

Ini akan menjadi pertemuan empat mata pertama mereka setelah hubungan diplomatik yang membeku lama, karena Park menolak permohonan berkali-kali untuk bertemu Abe.

Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye akan mengadakan pertemuan yang sudah lama ditunggu-tunggu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pekan depan, dengan salah satu topik pembicaraan masalah sensitif perempuan penghibur Korea, menurut para pejabat hari Rabu (28/10).

Ini akan menjadi pertemuan empat mata pertama mereka setelah hubungan diplomatik yang membeku lama, karena Park menolak permohonan berkali-kali untuk mengadakan pertemuan dengan Abe.

Seorang juru bicara kepresidenan mengatakan pertemuan itu akan diadakan di Seoul hari Senin, di sela-sela pertemuan trilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Park dan Abe akan “saling bertukar pandangan mengenai masalah-masalah bersama termasuk masalah perempuan penghibur,” kata juru bicara tersebut.

Hubungan antara kedua negara bertetangga itu tidak pernah mulus – diwarnai sengketa bersejarah terkait kekuasaan kolonial Jepang tahun 1910 sampai tahun 1945 di semenanjung Korea, serta masalah perempuan Korea yang dengan dipekerjakan secara paksa di rumah-rumah bordil militer pada masa perang Jepang.

Penolakan Park sebelumnya untuk bertemu Abe dikarenakan Park bersikeras bahwa Tokyo belum dengan sewajarnya menebus tindakannya di masa lampau. [gp]

XS
SM
MD
LG