Tautan-tautan Akses

PM Jepang Beri Persembahan Rituil ke Tugu Yasukuni


Persembahan PM Jepang Shinzo Abe di Tugu Yasukuni, Tokyo (Foto: dok).

Persembahan PM Jepang Shinzo Abe di Tugu Yasukuni, Tokyo (Foto: dok).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hari Sabtu (17/10) memberi persembahan rituil ke Tugu Perang Yasukuni yang kontroversial, yang dipandang oleh negara-negara tetangga sebagai lambang militer Tokyo pada masa lampau.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mempersembahkan pohon “masakaki” yang suci yang bertuliskan namanya sebagai perdana menteri yang akan bertepatan dengan permulaan festival musim gugur empat hari di tugu tersebut di tengah kota Tokyo, kata seorang pejabat.

Tetapi, ia kemungkinan tidak akan berkunjung langsung, kata media setempat, sebelum kunjungannya yang direncanakan ke Seoul untuk menghadiri pertemuan puncak trilateral yang dijadwalkan tanggal 1 November dengan Korea Selatan dan China.

Abe juga diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral resmi pertamanya dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye di sela-sela pertemuan puncak itu, kata Kyodo News dan laporan lain.

Kunjungannya ke tugu perang itu akan menimbulkan kemarahan negara-negara tetangga, terutama China dan Korea Selatan, di mana tempat itu dipandang sebagai lambang yang kuat kurangnya kesadaran Jepang mengenai agresinya dalam paruh pertama abad ke-20.

Tugu Yasukuni menghormati tentara Jepang yang gugur dalam perang , termasuk beberapa tokoh senior militer dan politik yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan besar setelah kekalahan negara itu dalam Perang Dunia kedua. [gp]

XS
SM
MD
LG