Tautan-tautan Akses

Presiden Kabila Sementara Unggul dalam Pemilu Kongo


Presiden Republik Demokratik Kongo, Joseph Kabila memasukkan kartu suara di ibukota Kongo, Kinshasa (28/11).

Presiden Republik Demokratik Kongo, Joseph Kabila memasukkan kartu suara di ibukota Kongo, Kinshasa (28/11).

Dengan 15 persen suara yang dihitung, Kabila memperoleh 1,5 juta suara, sementara tokoh oposisi Etienne Tshisekedi 996.000 suara.

Presiden Republik Demokratik Kongo, Joseph Kabila, sementara masih memimpin di awal penghitungan suara pemilihan presiden minggu ini.

Mathieu Mpita, juru bicara Komisi Pemilu Nasional Kongo, mengatakan kepada VOA Jumat bahwa Presiden Kabila sejauh ini memperoleh 1,5 juta suara, sementara pemimpin oposisi Etienne Tshisekedi menyusul dengan 996.000 suara. Mpita mengatakan baru 15,2 persen suara yang telah dihitung sejauh ini.

Presiden Kabila kembali mencalonkan diri dalam pemilu dan bersaing dengan 10 kandidat, tiga di antaranya menyerukan agar pemilu dibatalkan karena adanya penyimpangan dan masalah logistik.

Negara Afrika tengah yang luas itu dijadwalkan mengadakan pemungutan selama satu hari saja pada hari Senin, namun pemilu diadakan sampai Rabu, karena banyak surat suara dan daftar pemilih yang belum tiba di beberapa TPS.

KPU mengatakan akan mengumumkan hasil sementara penuh tanggal 6 Desember, ketika masa jabatan Kabila berakhir. Hasil dari pemilu parlemen yang juga diadakan pekan ini, akan diumumkan Januari.

XS
SM
MD
LG