Tautan-tautan Akses

Presiden China Lakukan Kunjungan Kenegaraan di Iran


Presiden China Xi Jinping (tengah kanan) berjabat tangan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani setibanya di istana e Saadabad, Tehrran, Iran (23/1).

Presiden China Xi Jinping (tengah kanan) berjabat tangan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani setibanya di istana e Saadabad, Tehrran, Iran (23/1).

Presiden China Xi Jinping telah tiba di Iran untuk melakukan kunjungan kenegaraan yang diperkirakan akan mengusahakan peningkatan hubungan diplomatic dan ekonomi antara kedua negara.

Setibanya Jumat malam di Teheran, Presiden China Xi JInping mengatakan Beijing mengharapkan “musim baru” hubungan China-Iran, menurut kantor berita Iran, IRNA.

China sedang mengusahakan peningkatan hubungan bilateral dengan Iran untuk memulai musim baru hubungan jangka panjang dan menyeluruh dengan Republik Islam itu. Sekarang setelah sanksi dicabut dan Iran meningkatkan produksi minyak, hubungan dapat meningkat lebih jauh.

Dalam kunjungannya, Iran dan China akan menanda-tangani 17 persetujuan untuk memajukan kerjasama dalam bidang ekonomi, industry, budaya dan kehakiman, menurut IRNA. Presiden Xi, yang melakukan kunjungan pertama ke Iran oleh Presiden China dalam 14 tahun, bertemu hari Sabtu dengan Presiden Iran Hasan Rouhani. Kemudian, ia akan bertemu dengan pemimpin tertinggi Iran, Atatollah Ali Khamenei.

China memainkan peran utama dalam usaha internasional untuk mengurangi sanksi terhadap Iran sebagai imbalan pengurangan program nuklir Teheran. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG