Tautan-tautan Akses

Presiden Burma Pertahankan Posisi sebagai Pemimpin Partai


Presiden Burma Thein Sein (kanan) menyambut para peserta Kongres partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (USPD) di Naypyitaw, Burma (14/10).

Presiden Burma Thein Sein (kanan) menyambut para peserta Kongres partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (USPD) di Naypyitaw, Burma (14/10).

Presiden Burma Thein Sein akan mempertahankan perannya sebagai ketua partai berkuasa, meskipun muncul kekhawatiran menjelang pemilu 2015.

Jurubicara Partai Uni Solidaritas dan Pembangunan (USPD) Htay Oo mengatakan kepada VOA bahwa Presiden Thein Sein disepakati sebagai Presiden partai, sedangkan Wakil Presiden partai adalah Thura U Shwe Mann, Htay Oo dan Thura U Aye Mint.

Menjelang pemilihan di partai hari Selasa di ibukota administratif Naypyidaw, muncul pembicaraan bahwa USPD yang didukung militer mungkin mengganti Thein Sein dengan pesaing utamanya, Ketua Majelis Rendah Shwe Mann.

Shwe Mann juga diangkat sebagai penjabat ketua partai untuk menangani urusan sehari-hari partai.

Partai itu kini berupaya bangkit dari kekalahan besar dalam pemilu sela bulan April, sewaktu USPD kehilangan 43 dari 45 kursinya ke kubu Aung San Suu Kyi dan partai Liga Nasional bagi Demokrasi yang dipimpin Suu Kyi.

Aung San Suu Kyi baru-baru ini mengatakan kepada wartawan bahwa ia cukup berani mencalonkan diri sebagai presiden jika rakyat menghendakinya demikian.
XS
SM
MD
LG