Tautan-tautan Akses

Polisi Praha Temukan Senjata di Kedubes Palestina


Polisi Praha, Republik Ceko melakukan pemeriksaan di lokasi ledakan yang menewaskan Duta Besar Palestina, Jamal al-Jamal di Praha (1/1).

Polisi Praha, Republik Ceko melakukan pemeriksaan di lokasi ledakan yang menewaskan Duta Besar Palestina, Jamal al-Jamal di Praha (1/1).

Duta Besar Palestina untuk Chechnya Jamal Al-Jamal yang berusia 56 tahun tewas hari Rabu (1/1) dalam ledakan brankas di kedutaan itu.

Polisi di Praha mengatakan 12 senjata ditemukan di kompleks Kedutaan Besar Palestina di Praha, di mana sebuah brankas yang ditempeli bom rakitan kemungkinan membunuh Duta BBesar Palestina Rabu (1/1) lalu.

Namun Wakil Menteri Luar Negeri Palestina Taysir Jaradat membantah laporan bahwa senjata-senjata itu ilegal.

Jaradat ditanyai soal senjata-senjata itu dalam pertemuannya dengan mitranya dari Chechnya. Ia mengatakan telah memberitahu mitranya bahwa senjata-senjata itu telah berada di kedutaan tersebut sejak lama, sejak jaman bekas rezim Cekoslovakia, sebagai milik kedutaan atau hadiah yang diberikan kepada Duta Besar Palestina. Namun tidak pernah digunakan – tambahnya.

Juru bicara kepolisian Praha Andrea Zoulova tidak memberi rincian lain terkait penyelidikan tersebut.

Duta Besar Palestina untuk Republik Ceko, Jamal Al-Jamal yang berusia 56 tahun tewas hari Rabu (1/1) dalam ledakan brankas di kedutaan itu. Diplomat karir itu baru memulai posisinya bulan Oktober lalu.

Semasa Perang Dingin, Organisasi Pembebasan Palestina PLO memiliki hubungan dekat dengan Uni Soviet dan blok negara-negara Timur – termasuk Cekoslovakia, Rumania dan Jerman Timur. PLO mempertahankan misi diplomatiknya di seluruh blok Timur ini, mengirim para pejuang mereka untuk mengikuti latihan di negara-negara Eropa Timur dan sekaligus para mahasiswa ke berbagai universitas lokal di sana.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas meraih gelar doktor dari Universitas Soviet.

Belum jelas penyebab meledaknya brankas itu, tetapi kematian duta besar Palestina itu diselidiki sebagai kasus kelalaian. Warga di distrik Suchdol dimana kompleks kedutaan besar itu berada telah menyampaikan keprihatinan soal keamanan atas insiden itu.
XS
SM
MD
LG