Tautan-tautan Akses

PM Ukraina: Kemunculan Uni Soviet Baru akan Jadi Bencana


PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk saat berpidato di hadapan parlemen Ukrainian di Kyiv (18/4).

PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk saat berpidato di hadapan parlemen Ukrainian di Kyiv (18/4).

Perdana menteri Ukraina menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin hendak mengembalikan lagi keberadaan Uni Soviet dengan pencaplokan Krimea baru-baru ini dan menghasut kerusuhan pro-Rusia di Ukraina timur.

PM Arseniy Yatsenyuk mengatakan hal itu hari Minggu (20/4) dalam program “Meet the Press” di saluran TV NBC di Amerika, lewat sambungan video dari Ukraina. Ia mengatakan kembalinya Uni Soviet dibawah pemerintahan Putin akan menjadi “bencana terbesar abad ini.”

Sebelumnya Rusia mengatakan “marah” mengenai baku tembak yang mengakibatkan korban jiwa di Ukraina timur yang melanggar gencatan senjata untuk Paskah. Para pejabat Ukraina mengatakan rincian insiden itu masih belum jelas.

Para pejabat mengatakan baku tembak di sebuah pos pemeriksaan yang diduduki separatis pro-Rusia menewaskan sedikitnya satu orang. Sejumlah laporan mengatakan empat orang tewas, termasuk pemberontak.

Tetapi kelompok Ukraina yang disalahkan atas serangan itu membantah terlibat, dan menuduh pasukan khusus Rusia berada balik serangan tersebut. Serangan itu terjadi dekat kota Slavyansk, yang dikuasai militan pro-Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG