Tautan-tautan Akses

PM Perancis Diperkirakan Segera Umumkan Pencalonannya Sebagai Presiden


Perdana Menteri Perancis Manuel Valls di Hotel Matignon, Paris, 9 Mei 2016 (Foto: dok)

Perdana Menteri Perancis Manuel Valls telah lama dianggap sebagai calon presiden dan statusnya sebagai kandidat sosialis untuk tahun 2017 semakin diperkokoh oleh keputusan Hollande untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Perdana Menteri Perancis Manuel Valls yang berhaluan sosialis ,diperkirakan akan mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden pada pemilu tahun depan, Senin (5/11).

Kantor Valls mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan, ia akan mengumumkan pencalonan dirinya di balairung kota Evry, yang terletak di sebelah selatan Paris.

Pengumuman yang diperkirakan itu muncul setelah Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan, pekan lalu, ia tidak berencana mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua karena kurangnya dukungan untuk bisa menang.

Valls yang berusia 54 tahun telah lama dianggap sebagai calon presiden dan statusnya sebagai kandidat sosialis untuk tahun 2017 semakin diperkokoh oleh keputusan Hollande untuk tidak mencalonkan diri kembali. Keputusan Hollande itu sendiri akan menjadikannya presiden pertama yang sedang menjabat yang tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Jika Valls memenangkan pemilihan pendahuluan di kubu sosialis, ia akan bersaing menghadapi Francois Fillon, mantan PM berusia 62 tahun yang pekan lalu secara meyakinkan meraih nominasi calon presiden dari Partai Republik yang yang berhaluan kanan tengah.

Pemilu presiden Perancis akan berlangsung dalam dua putaran pada bulan April dan Mei. [ab/as]

XS
SM
MD
LG