Tautan-tautan Akses

PM Najib Razak Tiba di Malaysia, Pimpin Penanggulangan Banjir


Foto Taman Nasional Kuala Tahan, Pahang, Malaysia yang terendam banjir, diambil dari udara (24/12).

Foto Taman Nasional Kuala Tahan, Pahang, Malaysia yang terendam banjir, diambil dari udara (24/12).

Pemimpin Malaysia itu mengumumkan bantuan hampir 145 juta dolar bagi para korban banjir di seluruh negara itu, yang akan disalurkan oleh Dewan Keamanan Nasional.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak telah tiba di Malaysia setelah memperpendek liburannya di Hawaii untuk memimpin upaya penanggulangan banjir nasional pada musim hujan terburuk di negara itu dalam beberapa dasawarsa.

Najib tiba di negara bagian Kelantan yang paling terkena dampaknya hari Sabtu (27/12) dan diberitahu tentang situasi yang memburuk. Dia berencana untuk naik kapal dan helikopter untuk mengakses daerah yang terendam banjir.

Pemimpin Malaysia itu mengumumkan bantuan hampir 145 juta dolar bagi para korban banjir di seluruh negara itu, yang akan disalurkan oleh Dewan Keamanan Nasional. Ini merupakan tambahan dari paket bantuan yang telah diumumkan sebelumnya.

Najib dikritik pekan ini setelah beredar foto-foto yang memperlihatkannya bermain golf dengan Presiden AS Barack Obama di Hawaii. Orang-orang menulis pesan di laman Facebooknya, mendesaknya pulang sementara banjir memburuk.

Sejumlah orang telah tewas dan lebih dari 160.000 mengungsi. Pihak berwenang telah mengevakuasi warga dari sejumlah desa dan kota di lima negara bagian Malaysia di utara yang tergenang akibat hujan yang sangat deras.

Para peramal cuaca Malaysia mengatakan hujan deras akan terus mengguyur selama beberapa hari ke depan, menyebar ke beberapa negara bagian di selatan yang sebelumnya tidak terdampak. Negara-negara tetangga juga mengalami banjir yang parah.

XS
SM
MD
LG