Tautan-tautan Akses

PM Italia akan Mundur Setelah Anggaran Disahkan Parlemen


PM Italia Mario Monti mengatakan akan mundur dari jabatannya setelah parlemen mengesahkan anggaran tahun depan (foto: dok).

PM Italia Mario Monti mengatakan akan mundur dari jabatannya setelah parlemen mengesahkan anggaran tahun depan (foto: dok).

Perdana Menteri Italia Mario Monti mengatakan ia akan mengundurkan diri setelah parlemen mensahkan UU anggaran tahun depan.

Kantor Perdana Menteri Italia mengumumkan rencana itu hari Sabtu. Monti mengatakan jika UU anggaran bisa disahkan “secepatnya” ia akan segera menyampaikan pengunduran dirinya.

Pengumuman Monti itu keluar setelah pertemuan selama dua jam dengan Presiden Giorgio Napolitano, yang mempunyai kewenangan untuk membubarkan parlemen.

Monti mengatakan pemerintahannya tidak mendapat dukungan yang cukup setelah keluarnya partai Kebebasan Rakyat yang beraliran tengah kanan pimpinan mantan perdana menteri Silvio Berlusconi, raksasa media berusia 76 tahun dan milyuner yang tahun lalu mundur secara memalukan ditengah-tengah sejumlah skandal.

Berlusconi hari Sabtu mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri untuk jabatan keempat kalinya sebagai perdana menteri.

Pemimpin yang kontroversial itu mundur bulan November 2011 setelah mendapat tekanan pasar-pasar keuangan internasional karena Italia berada diambang kebangkrutan. Ia kemudian dinyatakan bersalah melakukan penipuan pajak dan menghadapi tuduhan-tuduhan prilaku seks yang tidak senonoh.

Senator dan pakar ekonomi Mario Monti ditunjuk untuk menggantikannya. Monti membentuk pemerintahan yang terdiri dari pejabat yang tidak dipilih langsung didukung oleh Partai Kebebasan Rakyat untuk membebaskan Italia dari krisis keuangan.

Partai Kebebasan Rakyat banyak kehilangan pendukungnya selama tahun lalu, tapi Berlusconi mengatakan kepada wartawan “ia bersaing untuk menang”.
XS
SM
MD
LG