Tautan-tautan Akses

PM Belgia: Penangkapan Tersangka Teror Paris Penting untuk Demokrasi


Polisi bersenjata Belgia mengawal Salah Abdeslam menuju mobil polisi saat penggerebekan di kawasan Molenbeek, Brussels, Belgia (18/3).

Polisi bersenjata Belgia mengawal Salah Abdeslam menuju mobil polisi saat penggerebekan di kawasan Molenbeek, Brussels, Belgia (18/3).

Perdana Menteri Belgia Charles Michel menyebut penangkapan hari Jumat (18/3) tersangka yang paling dicari atas serangan terror tanggal 13 November di Paris “hasil penting perjuangan untuk demokrasi.”

Perdana Menteri Belgia Charles Michel, bersama Presiden Perancis Francois Hollande, berbicara kepada para wartawan di Brussels, Jumat (18/3) setelah penangkapan Salah Abdeslam di daerah Molenbeek di Brussels. Hollande berada di Brussels untuk menghadiri pertemuan para pemimpin Uni Eropa.

Pihak berwenang mengatakan Abdeslam menderita cedera kaki dan dirawat di rumah sakit. Ia diperkirakan akan diekstradisi ke Perancis dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Imigrasi Belgia Theo Francken mengukuhkan penangkapan itu dalam pesan twitter yang mengatakan, “Kami telah menangkapnya.”

Gambar-gambar televisi Belgia menunjukkan polisi menyeret seorang pria berpakaian putih ke dalam mobil polisi. Seorang juru bicara pemerintah mengatakan seorang pria lainnya, yang bernama Monir Ahmed Alaaj, alias Amine Choukri, juga cedera dalam tembak-menembak dan dirawat di rumah sakit.

Pihak berwenang Belgia menemukan sidik jari buronan itu dalam apartemen yang digrebek sebelumnya pekan ini di daerah lain Brussels. [gp]

XS
SM
MD
LG