Tautan-tautan Akses

PM Albania dan Oposisi Saling Tuding atas Kematian Demonstran


PM Albania Sali Berisha menjawab pertanyaan saat konferensi pers dan tanya jawab dengan PM Bosnia di Sarajevo (1/23).

PM Albania Sali Berisha menjawab pertanyaan saat konferensi pers dan tanya jawab dengan PM Bosnia di Sarajevo (1/23).

Perdana Menteri Sali Berisha dan Ketua Partai Sosialis saling menyalahkan atas kekerasan dalam protes anti-pemerintah Jumat lalu, yang menewaskan tiga demonstran.

PM Albania Sali Berisha mengatakan, pemimpin Partai Sosialis yang beroposisi Edi Rama akan menanggung beban berat apabila pengunjuk rasa menargetkan lebih banyak lagi gedung-gedung pemerintah.

Rama dan Berisha saling menyalahkan atas kekerasan yang meletus dalam protes anti pemerintah pada hari Jumat, yang mengakibatkan tiga demonstran tewas.

PM menyebut Rama sebagai penjahat yang akan mendapatkan ganjaran yang layak jika ia menggunakan kekerasan lagi terhadap pemerintah.

Rama pada hari Minggu menghadiri pemakaman satu dari tiga demonstran yang tewas pekan lalu dan ia menyalahkan Berisha atas kematian mereka.

Pihak oposisi juga mengeluhkan bahwa polisi sejauh ini menolak untuk bertindak atas perintah penangkapan bagi enam tentara Pasukan Nasional yang diduga telah melepaskan tembakan ke arah demonstran.

Kira-kira 20.000 orang turun ke jalan Jumat lalu, menuntut pemerintah untuk mengundurkan diri. Pihak oposisi menuduh pemerintah Berisha melakukan korupsi dan melakukan kecurangan dalam pemilu tahun 2009. Beberapa pengunjuk rasa melempar batu dan benda-benda lainnya ke arah polisi di luar kantor pusat pemerintah Albania. Polisi menanggapi dengan senjata, gas air mata dan meriam air.

XS
SM
MD
LG