Tautan-tautan Akses

Petugas Berupaya Tegakkan Kapal Costa Concordia yang Kandas


Kapal Costa Concordia terdampar dengan posisi miring di Pulau Tuscan, dekat Giglio, Italia (16/9).

Kapal Costa Concordia terdampar dengan posisi miring di Pulau Tuscan, dekat Giglio, Italia (16/9).

Para pekerja telah memulai usaha untuk menegakkan kapal pesiar Costa Concordia yang rusak dan kandas 20 bulan lalu di lepas pantai Italia.

Kapal pesiar Costa Concordia telah terdampar pada salah satu sisi lambungnya di perairan dekat pulau Giglio sejak Januari tahun 2012 yang lalu. Kecelakaan tersebut menewaskan 32 orang dari 4.200 penumpang kapal mewah tersebut.

Para pekerja mulai bekerja Senin pagi (16/9) setelah penundaan selama beberapa jam karena badai pada malam sebelumnya. Mereka menggunakan kabel-kabel dan tangki-tangki air yang ditempatkan pada satu sisi kapal itu sebagai pemberat untuk menariknya ke posisi tegak.

Kapal sepanjang 290 meter itu akan ditempatkan di anjungan yang dibangun di dasar laut, dengan tangki-tangki air membantunya mendapat kestabilan sementara kapal itu tetap berada di sana hingga tahun depan.

Tangki-tangki tersebut kemudian akan dikosongkan, dan membiarkan kapal itu terapung lagi supaya kapal tersebut dapat bergerak ke galangan kapal untuk dijadikan besi tua.
XS
SM
MD
LG