Tautan-tautan Akses

AS

Pesawat Tempur Rusia Terbang 4,5 Meter di Dekat Pesawat AS


Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-27 (foto: dok). Sebuah jet Rusia jenis Su-27 dilaporkan 'mencegat' pesawat AS saat terbang di atas Laut Hitam.

Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-27 (foto: dok). Sebuah jet Rusia jenis Su-27 dilaporkan 'mencegat' pesawat AS saat terbang di atas Laut Hitam.

Pentagon mengatakan, sebuah jet tempur Rusia jenis Su-27 terbang mendekati pesawat pengintai Amerika RC-135U saat berada di atas Laut Hitam, Senin (25/1) lalu.

Para pejabat militer AS mengatakan, sebuah jet tempur Rusia Su-27 terbang mendekat pada jarak hanya 4,5 meter dari pesawat pengintai Amerika RC-135U yang terbang di wilayah udara internasional hari Senin (25/1) lalu dan menyebut hal tersebut sebagai sebuah insiden berbahaya.

Seorang juru bicara Departemen Pertahanan, Letnan Kolonel Angkatan Darat Michelle Baldanza, Jumat, mengatakan, pesawat Angkatan Udara AS itu terbang dengan rute rutin di atas Laut Hitam, ketika dicegat oleh jet Rusia dalam "cara yang tidak aman dan tidak profesional."

Dia mengatakan militer AS sedang menyelidiki insiden itu.

"Pencegatan pesawat itu adalah sesuatu yang biasa, dan terjadi secara rutin. Tetapi kali ini, pilot Rusia bertindak dengan cara yang tidak profesional, yang membahayakan baik awak pesawat Amerika maupun dirinya sendiri," kata Baldanza.

Para pejabat militer juga mengatakan kepada media AS, bahwa jet Rusia terbang di sepanjang sisi kanan pesawat pengintai AS dan kemudian membelok tajam ke kanan, yang mempengaruhi pengendalian pesawat AS. Para pejabat tidak mengatakan, apakah pesawat Rusia itu dilengkapi persenjataan pada saat itu.

Kejadian itu mirip dengan yang pernah terjadi bulan April di Laut Baltik. Pentagon mengatakan, pada waktu itu jet tempur Rusia melintas miring di depan pesawat pengintai AS untuk memamerkan perlengkapan senjatanya. Rusia membantah bahwa pilotnya melakukan sesuatu yang salah dalam insiden itu. [ps/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG