Tautan-tautan Akses

AS

Obama, Putin Bahas Krisis Dunia dalam Pembicaraan Telepon


Presiden AS Barack Obama melakukan pembicaraan lewat telepon (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama melakukan pembicaraan lewat telepon (foto: dok).

Para pejabat Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama berbicara lewat telepon dengan Presiden Vladimir Putin mengenai sejumlah masalah.

Kedua pemimpin membahas usaha yang terus berlangsung untuk mengakhiri perang saudara di Suriah dan pematuhan gencatan senjata di Ukraina.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan “mereka menggunakan sebagian besar waktu mereka untuk membahas perlunya Rusia mengakhiri dukungan kepada kaum separatis yang mengganggu kestabilan Ukraina.”

Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menekankan perlunya bagi Ukraina untuk memenuhi komitmennya berdasarkan persetujuan gencatan senjata itu.

Kedua pemimpin menyatakan dukungan pada perundingan PBB untuk mengakhiri perang saudara di Suriah, di mana masa depan Presiden Bashar al-Assad masih merupakan masalah penting yang belum terpecahkan.

Amerika telah menekan Rusia agar menghentikan dukungannya kepada Assad dan menghentikan pemboman terhadap kelompok-kelompok pemberontak yang memerangi rezim Assad.

Obama dan Putin membahas “pentingnya tanggapan internasional yang kuat dan bersatu terhadap uji-coba nuklir Korea Utara baru-baru ini yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kremlin mengatakan mereka mulai membicarakan meningkatnya kontak-kontak militer antara Amerika dan Rusia untuk mendukung perang melawan kelompok ISIS dan teroris-teroris lain. [sp/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG