Tautan-tautan Akses

Perundingan Penarikan Pemberontak Suriah Hampir Selesai


Warga berkumpul di lokasi ledakan dua bom yang meledak di distrik Zahra, Homs (29/4). (AP/SANA)

Warga berkumpul di lokasi ledakan dua bom yang meledak di distrik Zahra, Homs (29/4). (AP/SANA)

Perundingan untuk mengevakuasi Homs, yang pernah disebut sebagai ibukota revolusi melawan Presiden Bashar al-Assad, telah hampir selesai.

Perundingan mengenai penarikan pemberontak Suriah dari beberapa distrik yang terkepung di Homs telah memasuki tahap akhir, sementara pasukan pemerintah mendesak di sekitar Damaskus dan Aleppo.

Menurut Gubernur Talal al-Barazi dan perunding pemberontak, Abul Harith al-Khalidi, perundingan untuk mengevakuasi Homs, yang pernah disebut sebagai ibukota revolusi melawan Presiden Bashar al-Assad, telah hampir selesai.

Perundingan dilanjutkan sehari setelah gencatan senjata dimulai di Homs, yang mengalami kekerasan paling parah dan paling konsisten sejak perang saudara mulai berkobar 2011.

Jika pemberontak menarik diri dari sejumlah distrik yang terkepung di Homs, berarti rezim Assad telah kembali menguasai kota itu sepenuhnya.

Sebagian besar dari sekitar 1.500 orang yang masih terkepung di Kota Lama adalah pemberontak. Sementara distrik Waer yang dikuasai pemberontak, penghuninya adalah ribuan warga sipil, banyak diantaranya berasal dari kubu-kubu pemberontak yang telah direbut pasukan pemerintah.
XS
SM
MD
LG