Tautan-tautan Akses

Pertempuran Israel-Palestina Kembali Sorot Militan-Salafi


Seorang tentara Israel di dekat pertahanan anti-roket 'Kubah Besi' di kota Haifa, Israel utara (foto: dok).

Seorang tentara Israel di dekat pertahanan anti-roket 'Kubah Besi' di kota Haifa, Israel utara (foto: dok).

Pertempuran hebat antara Israel dan Palestina di Gaza dalam beberapa bulan ini mengundang perhatian pada kelompok-kelompok Salafi di wilayah Palestina.

Sebuah kelompok militan Palestina yang menyebut dirinya 'Dewan Mujahidin Syura' mengatakan pihaknya telah meluncurkan beberapa serangan roket ke Israel Selatan sejak hari Selasa.

Dalam salvo terbaru, warga Israel bergegas ke tempat perlindungan Rabu pagi. Beberapa jam sebelumnya, militer Israel mengirim beberapa pesawat tempur untuk menyerang target-target militan di daerah terbuka di Gaza Utara.

Belum ada laporan mengenai korban tewas akibat serangan roket atau serangan udara tersebut, yang pertama kali diluncurkan Israel sejak gencatan senjata bulan November lalu dengan militan Hamas yang menguasai Gaza.

Kelompok Salafi itu mengatakan serangan-serangan roket itu merupakan pembalasan atas dugaan perlakuan tidak manusiawi oleh Israel terhadap seorang tahanan Palestina berusia 64 tahun yang meninggal akibat kanker hari Selasa.

Israel mengatakan pihaknya menawarkan perawatan medis kepada Maysara Abu Hamdiyeh yang menjalani hukuman seumur hidup atas percobaan pembunuhan dalam serangan bom tahun 2002 terhadap sebuah kafe di Yerusalem.

Gaza merupakan tempat beberapa kelompok Salafi yang para anggotanya mulai dari puluhan hingga ratusan dan berkeyakinan sama dengan Al Qaeda dalam jihad global. Mereka telah melakukan beberapa serangan roket sporadis atas Israel dalam beberapa tahun ini, yang kadang-kadang untuk menantang penguasa Hamas di Gaza.
XS
SM
MD
LG