Tautan-tautan Akses

Mashaal Terpilih Kembali Jadi Pemimpin Utama Hamas


Khaled Mashaal, kembali diangkat sebagai pemimpin utama Hamas untuk masa jabatan empat tahun (Foto: dok).

Khaled Mashaal, kembali diangkat sebagai pemimpin utama Hamas untuk masa jabatan empat tahun (Foto: dok).

Kelompok militan Palestina Hamas mengangkat kembali Khaled Mashaal sebagai pemimpin utama untuk masa jabatan empat tahun.

Para pejabat Hamas di Kairo mengatakan dewan shura yang berkuasa dalam kelompok Islamis itu menyelesaikan proses pemilihan interen, Senin (1/4). Khaled Mashaal menjadi calon tunggal untuk jabatan pemimpin dalam pemilihan tersebut.

Mashaal di pengasingan telah menjadi tokoh senior Hamas sejak tahun 1996 dan menjadi pemimpin utamanya tahun 2004, ketika Israel membunuh pendiri Hamas Sheikh Ahmed Yassin dan penggantinya Abdelaziz al-Rantissi.

Mashaal yang berusia 56 tahun telah berada di Qatar sejak mengosongkan kantornya di ibukota Suriah, Damaskus, lebih dari setahun lalu sebagai protes atas penindakan dengan kekerasan oleh Presiden Bashar al-Assad terhadap pergolakan oposisi.

Setelah berada puluhan tahun di pengasingan, Mashaal melakukan kunjungan pertamanya ke Gaza bulan Desember. Hamas telah memerintah lebih dari sejuta rakyat daerah itu sejak tahun 2007, ketika laskarnya mengeluarkan pasukan Presiden Mahmoud Abbas saingannya dan membatasi pemerintahannya yang didukung Barat hanya di beberapa bagian Tepi Barat.
XS
SM
MD
LG