Tautan-tautan Akses

Perancis Tangkap 6 Tersangka Jaringan Jihad


Polisi Perancis meningkatkan penjagaan fasilitas umum termasuk Masjid Besar di kota Paris (foto: dok).

Polisi Perancis meningkatkan penjagaan fasilitas umum termasuk Masjid Besar di kota Paris (foto: dok).

Polisi Perancis menangkap enam orang tersangka ekstrimis anggota jaringan jihad di Perancis barat daya, hari Minggu (8/2).

Polisi Perancis hari Minggu (8/2) menangkap enam tersangka ekstrimis di Perancis barat daya dalam penggerebekan kedua pada lima hari terakhir ini, bagian dari peningkatan upaya memberantas jaringan Muslim radikal yang mengirim para pejuang ke luar negeri.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Perancis Pierre-Henry Brandet mengatakan keenam orang itu ditangkap di sekitar Albi dan Toulouse karena dicurigai membantu mendanai jaringan jihad yang merekrut anak-anak muda Perancis untuk bertempur di Suriah dan Irak. Mereka yang merekrut dan lainnya yang membantu warga Perancis bepergian ke medan tempur itu juga menjadi sasaran polisi.

Sebelumnya, 8 orang telah ditangkap Selasa (3/2) lalu di Paris dan Lyon. Lima dari kedelapan orang itu langsung dikenai tuntutan pendahuluan dan empat diantaranya dipenjara. Belum jelas apakah mereka yang ditangkap ini adalah bagian penyelidikan yang sama.

Belum ada petunjuk apakah ada kaitan antara penangkapan yang dilakukan dengan tiga penembak dalam serangan di Paris antara tanggal 7-9 Januari lalu yang menewaskan 20 orang – termasuk penembak.

XS
SM
MD
LG